Taat Pajak, Sudah Tahu Cara Menghitung Pajak Penghasilan? Cek Disini


Taat Pajak, Sudah Tahu Cara Menghitung Pajak Penghasilan? Cek Disini

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, tentunya membayar pajak tepat waktu harus dilakukan. Entah itu pajak bumi bangunan, pajak pertambahan nilai ataupun pajak penghasilan. Karena pajak digunakan untuk banyak fungsi demi kemajuan bangsa ini. Jika anda ingin membayar pajak, terutama pajak penghasilan, sebaiknya anda mengetahui cara menghitung pajak penghasilan terlebih dahulu. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Langkah Mudah Menghitung Pajak Penghasilan

1. Membuat Daftar Atas Penghasilan

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum membayar pajak penghasilan adalah dengan membuat daftar penghasilan anda setiap bulannya. Apalagi pajak pada penghasilan dikenakan pada wajib pajak dengan waktu satu tahun. Untuk itu anda perlu untuk membuat daftar penghasilan ketika pendapatan diterima setiap bulan. Penghasilan ini tidak hanya gaji pokok saja, namun juga pemasukan lain yang ada dapatkan setiap bulannya.

2. Hitung PPH Yang Harus Dibayarkan

Apabila daftar penghasilan telah anda buat maka anda bisa langsung menghitungnya. Hanya saja anda harus lebih dahulu mengetahui peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah menyangkut pajak penghasilan. Dalam peraturan tersebut dijelaskan jika penghasilan Rp. 50 juta maka tarif pajak yang harus anda bayarkan sebesar 5% selama satu tahun. Untuk penghasilan Rp. 50 juta sampai Rp. 250 juta maka pajaknya sebesar 15% dalam 1 tahun.

Sementara untuk penghasilan di atas Rp. 500 juta maka anda haru membayar sebesar 50% untuk satu tahun. Jika sudah anda wajib mengetahui cara menghitung pajak penghasilan yang terbilang mudah. Jumlahkan seluruh penghasilan bulanan anda dalam setahun kemudian dikurangi dengan PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak. Dimana hal ini tertera dalam peraturan dirjen pajak yang sesuai dengan kondisi anda.

Dari perhitungan tersebut anda akan menemukan jumlah pendapatan bersih anda. dari pendapatan bersih tersebut anda bisa menghitung pajak yang harus anda bayarkan. Penghasilan bersih dikalikan dengan tarif yang harus anda bayarkan maka anda akan menemukan besaran pajak selama satu tahun. Mudah bukan?

Dalam melakukan penghitungan pajak, masing masing wajib harus mengetahui peraturan PPH maupun PTKP. Hal ini dikarenakan pendapatan setiap orang berbeda begitu juga dengan tanggungannya setiap bulan. Semakin banyak tangungan maka semakin kecil jumlah pajak yang harus dibayarkan. Begitu juga dengan jumlah penghasilan, semakin besar penghasilan pajak yang dibayarkan juga semakin besar.


Belum ada Komentar untuk "Taat Pajak, Sudah Tahu Cara Menghitung Pajak Penghasilan? Cek Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel