Gabung dengan Peserta, Inilah 12 Klub Hamka Hamzah

Gabung dengan Peserta, Inilah 12 Klub Hamka Hamzah


Setelah dilepas Arema Malang, nasib bek veteran Indonesia, Hamka Hamzah sempat terombang-ambing. Namun, akhirnya ia mendapat kejelasan setelah bergabung dengan klub pendatang baru yakni Persita Tangerang. Hal ini artinya pemain asal Makassar tersebut akan turut mengikuti gelaran kompetisi Liga 1 2020 tersebut. Menurut situs berita bola transfer pemain, Bola Nusantara, Hamka sudah menandatangani kontrak pada Senin (13/1) pagi.

Bagi Hamka Hamzah, Persita merupakan pelabuhan ke-12 di karirnya yang dimulai pada 19 tahun silam. Berikut adalah deretan klub yang pernah diperkuat oleh pemain berusia 35 tahun tersebut seperti dihimpun dari Bola Nusantara, situs berita sepakbola Indonesia:

1. PSM MAKASSAR (2001-2002, 2017)

Klub asal kampung halaman Hamka Hamzah tersebut merupakan klub pertama yang ia bela, tempat ia menempuh ilmu sebagai pemain junior. Hamka Hamzah sendiri tidak hanya sekali membela panji PSM Makassar. Menghabiskan semusim di Makassar pada tahun 2001-2002, ia kembali mengenakan seragam PSM pada tahun 2017 ketika PSM berlaga untuk musim perdana Liga 1. Total, ia menjalani 42 laga bersama PSM.

2. PERSEBAYA SURABAYA (2002-2003)

Semusim bersama PSM Makassar, Hamka Hamzah hijrah ke klub keduanya, kali ini di tanah Jawa yaitu dengan Persebaya Surabaya. Klub kebanggaan ibukota Jawa Timur tersebut hanya menggunakan jasa Hamka selama semusim pada 2002-2003. Namun, bersama Persebaya juga Hamka mencicipi manisnya gelar juara dengan menjuarai Divisi I.

3. PERSIK KEDIRI (2003-2005, 2008-2009)

Hamka Hamzah tidak perlu berpindah terlalu jauh untuk klub barunya. Setelah meninggalkan Persebaya Surabaya, Hamka bergabung dengan sesama klub Jawa Timur, yakni Persik Kediri. Sayangnya, meski Persik Kediri terhitung sebagai klub yang digadang-gadang sebagai calon kuat juara, Hamka belum mampu menyumbangkan gelar bagi Macan Putih. Ia sempat kembali ke Persik pada musim 2008/2009.

5. PERSIJA JAKARTA (2005-2008)

Bersama Persija, Hamka Hamzah membela klub asal ibukota Indonesia tersebut selama tiga musim, yang merupakan catatan terlama di karirnya. Bersama Persija, Hamka merupakan salah satu pemain berpengaruh, ia tidak hanya dikenal sebagai pemain bertahan tetapi ia juga rajin menyumbang gol. Tidak heran jika ban kapten pun melingkar di lengannya.

6. PERSISAM PUTRA SAMARINDA (2009-2010)

Cikal bakal klub yang kini menjadi Bali United tersebut, menjadi klub pertama asal Kalimantan yang dibela oleh Hamka Hamzah. Serupa dengan perjalanan karirnya di klub-klub lain, Hamka hanya bertahan semusim saja di Persisam.

7. PERSIPURA JAYAPURA (2010-2011)

Sudah pernah memperkuat berbagai klub sepakbola di Tanah Air, Hamka Hamzah kini melanjutkan perjalanan karirnya dengan bergabung bersama Persipura Jayapura, klub terbesar di Papua. Sayangnya, ia tidak banyak bermain bersama Mutiara Hitam dan hanya tampil 23 kali sepanjang musim.

8. MITRA KUKAR (2011-2014)

Selain Persija, Mitra Kukar menjadi tempat terlama Hamka Hamzah bermain yaitu sama-sama tiga musim. Sayangnya, selama tiga musim membela MItra Kukar, Hamka hanya tampil sebanyak 56 kali, catatan yang kurang mengesankan bagi bek sekelas dirinya.

9. PKNS (2014)

Klub asal Malaysia ini menjadi satu-satunya klub luar negeri yang pernah dibela oleh Hamka Hamzah. Klub yang pamornya berada di bawah Selangor FA tersebut menggunakan jasa Hamka selama semusim. Ia mencatatkan 20 penampilan dengan sumbangan lima gol sebelum kembali ke Tanah Air.

10. BORNEO FC (2014-2016)

Bersama dengan Borneo FC, Hamka Hamzah memang tidak tampil terlalu banyak. Namun, di satu sisi hal ini merupakan dampak dari persepakbolaan Indonesia yang kala itu berada di masa suram akibat hukuman dari FIFA kepada induk persepakbolaan Indonesia, yaitu PSSI.

11. AREMA FC (2016-2017, 2018-2019)

Total dua musim dihabiskan Hamka Hamzah bersama Singo Edan. Pada 2016-2017 ia mencatatkan musim tersubur di depan gawang lawan. Tampil hanya 21 kali, Hamka mencetak sembilan gol, sebuah catatan yang bagus bagi seorang pemain menyerang, namun untuk pemain yang berposisi sebagai pemain bertahan catatan tersebut tentunya luar biasa.

12. SRIWIJAYA FC (2018)

Direkrut sebagai bagian dari kebijakan galacticos oleh manajemen Sriwijaya FC, penampilan Hamka Hamzah cs justru melempem. Alih-alih mendekati puncak klasemen, Laskar Wong Kito malah terperosok di papan bawah klasemen. Tidak lama di Palembang, Hamka hanya bertahan setengah musim sebelum kembali ke Arema FC.

13. PERSITA TANGERANG (2020-?)

Kini, Persita Tangerang menjadi pelabuhan teranyar bagi pemain kelahiran Makassar tersebut. Di usia yang 35 tahun, Hamka sendiri tetap berambisi menjadi pemain utama, terutama jika dirinya mampu menghindari cedera. Kehadiran pemain veteran tersebut tentunya akan memberikan suntikan pengalaman bagi Persita Tangerang yang kembali ke kancah tertinggi sepakbola klub Indonesia tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Gabung dengan Peserta, Inilah 12 Klub Hamka Hamzah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel